divardha

warna-warni yang lain

>Gong Xi Fa Cai

leave a comment »

>

Selamat Tahun Baru Cina bagi yang merayakan, semoga hari-hari ke depan akan semakin baik. Amien.


Saya ga ikutan ngerayain imlek sih, tapi kalo ada yang mau bagi-bagi angpau, saya ga nolak kok ^^ . Dalam rangka imlek, saya kemaren ikutan beli kue keranjang. Penasaran ama rasanya *udik ya?*. Kirain kue keranjang itu kaya bakpia, ternyata kaya jenang/dodol (yang kaya bakpia itu kue bulan, kalo gak salah). Kenapa kue keranjang jadi kue wajib waktu imlek, katanya karena waktu imlek itu ada Dewa Tungku dateng, Dewa Tungku ini yang melaporkan semua kejadian di bumi ke langit. Supaya laporan Dewa Tungku ini bagus (manis), makanya Dewa Tungku dikasih ‘sesajen’ kue keranjang, soalnya kuenya manis, hehe.. . Ada juga versi yang bilang kalo waktu imlek itu kan semua anggota keluarga ngumpul (dan bagi-bagi angpau ^^), dengan makan kue keranjang yang lengket itu semoga bisa mempererat hubungan antar keluarga, begitu.


Kue keranjang yang saya beli kemarin juga lengket (ya iyalah..) dan MANIS banget. Huhuu.. rasanya makin bersalah ama gigi saya. Kue keranjang itu memang manis sih, tapi yang saya beli kemaren sepertinya kemanisan. Mungkin ada merek-merek tertentu yang rasanya ga terlalu manis ya?. Sebenernya saya pengennya beli kue keranjang di pasar tradisional atau di pembuatnya langsung yang masih pake resep turun-temurun dari nenek moyang, mungkin rasanya lebih original.
Oya, kata mama saya, ada kue keranjang yang diolah lagi. Nah iseng-iseng, saya nyoba goreng kue keranjang pake telur. Dan rasanya : ANEH! Haha,.. eksperimen yang gagal. Mungkin karena kemarin apinya terlalu besar, jadinya cepet gosong dan kue keranjangnya jadi sangat berminyak. Sudah manis, berminyak pula.. oh my.. . Rasa manisnya berkurang sih, tapi jadi tidak menarik, Untung yang digoreng kemarin cuma sedikit, jadi masih ‘tega’ lah makannya, hihi..

Ya sudah deh, saya mampir sebentar aja. Mau melanjutkan mengisi liburan dengan baca-baca novel jadul (plus ngemil kue keranjang :p ). Buat semuanya, met liburan ya.. met ngapa-ngapain, have a nice xin cia, and Gong Xi Fa Cai!

Written by divardha

January 26, 2009 at 7:17 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: