divardha

warna-warni yang lain

>ngurus KTP

with 4 comments

>Hari ini saya dapet tugas ke Kantor Kelurahan buat ngurus KTPnya mama. Berangkat dari rumah jam 11, agak ngebut sedikit karena ini hari Jum’at, keburu Pak Lurahnya jum’atan. Untung Kantor Kelurahannya dekat.

Sampai di kantor kelurahan (jam di kantor kelurahan masih jam 11 kurang 10 :p ), saya diarahkan ke bagian Sekretariat (kalo gak salah) buat minta stempel formulir. Di bagian Sekretariat itu yang melayani saya adalah ibu muda, sekitar 35 tahun, berpenampilan modis, dan sedang asik berBBM. BlackBerry Messenger. Yes, BlackBerry. Ternyata demam BlackBerry pun melanda Kantor Kelurahan😀.

Setelah urusan di Kantor Kelurahan beres, saya lanjut ke Kantor Pelayanan Terpadu. Ternyata sekarang kalo ngurus KTP di sana . Atau sebenarnya sudah dari dulu begitu cuma saya baru tau? :p. Saya baru denger nama Kantor Pelayanan Terpadu. Tempat apakah itu? ada hubungan dengan Posyandu; Pos Pelayanan Terpadu? Dan yang paling penting, dimana lokasinya?.

Kata pegawai kelurahan tadi, kantornya di daerah setelah GOR Ken Arok. Dari GOR itu lurus aja, begitu ada bangunan kantor gede, di situlah tempatnya. Saya disarankan untuk hari Senin aja ke sananya karena waktu itu sudah jam 11 lebih dan hari Sabtu libur. Saya pikir, saya coba sekarang aja deh, siapa tahu KTPnya bisa selesai hari ini.

Berangkatlah saya ke Kantor Pelayanan Terpadu tadi. Sebenernya saya juga gak tahu GOR Ken Arok itu dimana, tapi karena di Malang lagi ada PORPROV yang sebagian bertempat di GOR Ken Arok, jadi di jalan-jalan banyak penunjuk jalan menuju ke GOR Ken Arok. Saya juga minta ancer-ancer ke temen saya yang sering nonton bola di Ken Arok, dia nyaranin saya lewat daerah Sawojajar karena jalannya lebih enak dan ga ruwet, walaupun jadi agak lebih jauh sedikit.

Bener juga, jalannya ga terlalu susah. Selama ini saya kira GOR Ken Arok itu tempatnya njelimet, ternyata enggak juga. di jalan tadi sempet takut salah jalan, soalnya tiba-tiba ngelewatin jalan yang agak sepi dan ga ada tanda-tanda ada GOR di depan, tapi gak berapa lama, ada tanda-tanda keramaian dan GORnya sudah mulai kelihatan, hehe.

Setelah ketemu GORnya, sekarang nyari Kantor Terpadu. Kata staf kelurahan, “dari GOR itu lurus aja, teruuuuuuuuuuuuus, nanti ada kantor gede, ya di situ. Namanya Kantor Terpadu”. Waktu bilang kata “terus”, tangannya menunjuk jauh dengan mata yang agak menyipit. Ekspresi yang saya artikan dengan : jaraknya-dari-GOR-masih-jauh-banget. Baiklah. Dari GOR itu, saya nyetir agak pelan, liat kiri liat kanan. Tiap ada bangunan gede, saya coba menepi merapat jalan. Akhirnya ada bangunan gede seperti kantor, ternyata bukan Kantor Terpadu, tapi semacam kantor informasi jaringan internet atau apa gitu. Jalan sebentar, ada bangunan gede lagi, tapi lebih mirip rumah orang daripada kantor. Lanjut, di sebelah kiri ada bangunan baru dibangun dan lumayan luas, sepertinya ini tempatnya. Lho kok diportal? saya baca tulisannya : Terminal Hamid Rusdi. Oh terminal baru ternyata :p. Gak jauh dari situ ada bangunan yang memenuhi kriteria, dan sepertinya itu pabrik. Di sebelah kanan jalan ada bangunan gede, yang ternyata Pondok Pesantren. Sampai akhirnya, di kanan jalan ada bangunan baru, gede, dan bertuliskan : Perkantoran Terpadu. Alhamdulillah gak nyasar, akhirnya sampai juga….

Gede juga kantornya. Parkirannya sepi. Mungkin karena jam istirahat. Masuk ke dalem, ternyata kantornya model loket-loket gitu. Disebut “Terpadu” karena di sini melayani lengkap urusan kependudukan, mulai dari KTP/KK, kartu kuning, pajak daerah, dll. Buat ngurus KTP/KK juga dibagi per kecamatan. 1 loket 1 kecamatan. Saya ke loket kecamatan klojen. Loketnya tutup. Baca pengumuman di situ, katanya kalo buat ngurus KTP perlu pake map merah. Kebetulan, map yang saya bawa buat formulir KTP adalah map plastik merah. Saya duduk di kursi tunggu dan baca pengumuman lagi. Semacam ada yang mengganggu. Di pengumuman tertulis : Jam layanan Hari Jum’at pukul 08.00-11.00. Saya liat jam. Hampir jam 12. Oh ya sudah, saya tunggu saja sebentar. Sempet kepikiran juga mau makan dulu di kantinnya. Nanti mungkin setelah ishoma loketnya buka lagi. Gak lama setelah saya duduk, ada ibu-ibu di loket depan saya. Saya tanya, setelah istirahat loketnya buka lagi atau tidak, dan kalau buka, jam berapa. Jawaban dari ibu itu : “Nggak buka lagi mbak, hari Senin ya..”

Saya : “Oh Senin ya bu, hehe.. makasih”

Hwoahaha.. jauh-jauh disamperin, ternyata tutup. Sebelumnya mama saya juga sempet sms, bilang kalo sapa tau kantornya tutup. Saya juga mikir gitu sih, pasti tutup. Tapi tutup karena istirahat, bukan karena jam kerjanya emang udah selesai. Padahal tadi udah di kasih tau juga sama ibu-kelurahan-yang-BBMan, kalo ke Kantor Terpadu ini mendingan Senin aja, karena waktunya mepet. Ternyata maksudnya ‘mepet’ itu karena memang cuma buka sampe jam 11, setelah jam 11 ga buka lagi, huhu…

Ya sudaaah, akhirnya saya pulang. Wahai Perkantoran Terpadu, tunggulah aku di Hari Senin. Insya Allah🙂.

Oiya, ini ada beberapa skrinsyut Perkantoran Terpadu. Tadinya mau motret pengumuman jam kerja-nya, tapi udah keburu di parkiran, malu mau masuk lagi :p

tampak depan

deretan loket-loket


bagian atas yang juga sudah sepi

Written by divardha

October 9, 2009 at 7:55 am

Posted in tanya kemana?

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. >kalau di desa saya sangat mudah. Terkadang dulu saat kuliah, saya belum bisa pulang, KTP saya habis masa berlakunya, saya tinggal nembak, sehari jadi. (nggak pake uang maksudnya). Ironi memang disatu sisi kita tidak menaati peraturan dan disatu sisi yang lain hal tersebut adalah praktis.Blogger tertua nih sepengetahuan saya

    ciput mardianto

    October 11, 2009 at 3:15 am

  2. >kata bu RT di sini juga begitu, lebih baik ngurus KTP itu sebelum masa aktifnya habis (kaya pulsa hp aja :p). saya juga baru tau kalo prosedurnya ternyata begitu.ehm.. yang tertua blognya apa bloggernya (penulis blognya) nih mas? umur saya masih 22++ taun lho😀. Kalo umur blognya, masih banyak yang sudah aktif ngeblog dari taun 2001 mas, hehe..

    ratih adiwardhani

    October 11, 2009 at 9:58 am

  3. >Law klo hr biasa ttpnya jam brp mbak? Ktpku dah mati 1thn soalnya bru plg dr perantauan

    Dar izak neutron

    September 15, 2010 at 5:57 am

  4. >sama kayaknya, dari jam 8 – 11

    ratih adiwardhani

    September 15, 2010 at 3:47 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: