divardha

warna-warni yang lain

>Sri Mulyani. Siapa lagi?

leave a comment »

>


gambar diculik dari sini

Perkenalkan, namanya Sri Mulyani. Sekarang menjabat sebagai Menteri Keuangan dalam Kabinet Indonesia Bersatu jilid II, dimana menurut SBY, Sri Mulyani adalah salah satu menteri terbaik yang dimiliki bangsa ini.

Perkenalkan, namanya Sri Mulyani. Sebentar lagi beliau akan meninnggalkan jabatannya sebagai Menteri Keuangan dan menjabat sebagai managing Director di World Bank, Jabatan tertinggi kedua di World Bank setelah Presiden Utama. Mengutip pernyataan dari Kabag Humas World Bank untuk Indonesia, Randy Salim, tugas Managing Director yang akan diemban Sri Mulyani antara lain mengawasi perekonomian di 74 negara di kawasan Amerika Latin, Karibia, Asia Timur dan Pasifik, Timur Tengah dan Afrika Utara. Selain itu Managing Director juga dapat memberikan rekomendasi kepada World Bank untuk sebuah rencana proyek baru di suatu negara jika disetujui oleh Dewan Direktur Eksekutif.

Buset. Ngebayanginnya aja mules. Mengawasi perekonomian satu negara aja rasanya berat, ini 74 negara. Berarti kualitas Sri Mulyani memang diakui oleh dunia internasional.

Sri Mulyani akhirnya memilih untuk menerima tawaran World Bank. Presiden setuju. Yang teriak-teriak keberatan adalah mereka yang merasa urusan dengan SMI belum selesai terkait dengan kasus Century, jadi SMI tidak boleh pergi dari Indonesia, *lirik Akbar Faisal*.

Bagi mereka yang merasa masih punya urusan dengan SMI belum selesai, saya cuma mau bilang : ini yang dihadapi Sri Mulyani. Bukan Anggodo. Bukan Gayus. Sri Mulyani tidak mangkir kalau dipanggil, tidak pura-pura sakit, tidak pura-pura lupa, dan tidak perlu dirayu dulu untuk pulang ke negaranya hanya karena harus menjalani pemeriksaan. Masih ada waktu sebelum beliau hijrah, kalau merasa masih ada yang perlu diselesaikan, silahkan diselesaikan. Kalau mau tetep ribut ini-itu yang gak perlu, juga silahkan. Randy Salim juga mengatakan kalau World Bank menghormati proses hukum di Indonesia atas kasus yang melibatkan Sri Mulyani, jadi kalau memang nanti Sri Mulyani diperlukan untuk pemerikasaan, World Bank tidak akan menghambat proses hukum tersebut.

Lalu siapa pengganti Sri Mulyani? entahlah. Nama yang beredar antara lain (yang saya tau) Agus Martowardojo, Anggito Ambimanyu, dan Darmin Nasution. Mungkin juga ada nama lain. Yang jelas idealnya calon pengganti Sri Mulyani adalah orang yang memiliki kapabilitas kurang lebih sama dengan Sri Mulyani, punya integritas, dan bukan titipan partai atau golongan tertentu. Susah ya sepertinya? seperti status yang saya baca di twitter (maaf, lupa status siapa) , “nyari Menteri Keuangan baru gampang, tapi yang susah adalah nyari yang kaya Sri Mulyani”.

Siapapun nanti yang menggantikan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan, semoga dapat meneruskan kerja keras beliau selama ini. Semoga SBY tidak salah pilih. Amin.

.: adiwardhani :.

Written by divardha

May 5, 2010 at 9:44 am

Posted in #blog31hari, adore you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: